Kamis, 06 September 2018

Cara Mengatasi Lalat Buah Melon Paling Mudah

Membayangkan buah melon tentu saja cukup seger dan manis,dicampur dengan es gosrok maupun di blender dengan dicampur sirup cukup bikin haus hilang.begitu juga dengan petani melon jika harga melon lagi tinggi dan panen sukses manisnya hasil sangat terasa.namun anda jangan membayangkan dengan hasil panen yang banyak dan melon besar dan manis banyak sekali kendala yang dihadapi petani yaitu lalat buah.akibat lalat buah petani bisa merugi dan gulung tikar.

Di musim penghujan, sering kita menemui buah-buah yang rontok sebelum matang, kadang buah berwarna kuning dan keriput, terlhat bintik hitam kecil pada bagian kulit buah. Hal tersebut merupakan beberapa gejala serangan lalat buah (Bactrocera sp., Dacus dorsalis). Oleh karena itu, harus sangat diperhatikan karena lalat buah dapat menyerang banyak sekali tanaman sehingga sulit sekali untuk dikendalikan. Lalat buah merupakan hama yang termasuk ke dalam ordo Diptera famili Tephritidae. Di dunia famili ini berjumlah kurang lebih 4000 spesies dan dikelompokkan ke dalam 500 genus. Spesies lalat buah telah banyak dilaporkan yaitu di Asia terdapat 180 spesies, di daerah indofasifik terdapat 60 spesies, sedangkan di Indonesia bagian barat terdapat 90 spesies. Warna lalat buah juga bervariasi mulai dari kuning cerah, orange, hitam, cokelat atau kombinasinya.



Serangan lalat buah pada buah muda menyebabkan bentuk buah menjadi tidak normal, buah berkalus dan gugur. Larva dari hama lalat buah akan memakan bagian dalam daging buah sampai habis. Terkadang bagian luar buah terlihat mulus dan bagus tetapi di bagian dalamnya telah membusuk. Serangan pada buah tua menyebabkan buah menjadi busuk basah karena bekas serangan larva pada umumnya terinfeksi jamur dan bakteri. Faktor iklim sangat berpengaruh terhadap sebaran dan perkembangan lalt buah. Pada iklim yang tinggi, kelembaban tinggi dan angina yang tidak terlalu kencang , intensitas serangan lalat buah akan meningkat.

Lalat buah yang menyerang sebenarnya adalah lalat betina. Di mana lalat tersebut menyerang dengan menusukkan alat peletak telur (ovipositor) ke dalam buah. Tujuannya untuk meletakkan telur-telur ke dalam buah yang selanjutnya telur-telur tersebut akan menetas menjadi larva dan berkembang. Oleh karena itu gejala awal yang ditunjukan adanya serangan lalat buah adalah adanya noda/titik bekas tusukan pada permukaan kulit buah. Gangguan yang dilakukan oleh larva-larva inilah yang menimbulkan noda-noda dikulit buah dan berkembang menjadi bercak coklat disekitarnya. Larva memakan daging buah sehingga menyebabkan buah busuk sebelum masak. Apabila dibelah pada daging buah maka terdapat belatung-belatung kecil dengan ukuran 4-10 mm yang biasanya meloncat apabila disentuh.

Hama lalat buah dapat menimbulkan kerugian mencapai 30-60%. Kerugian yang ditimbulkan bersifat kualitatif yaitu berpengaruh pada buah yang cacat seperti bercak, busuk, berlubang dan terdapat larva lalat buah akhirnya kurang diminati oleh konsumen dan bersifat kuantitatif yaitu berpengaruh pada berkurangnya produksi buah sebagai akibat dari rontoknya buah yang terserang baik buah masih muda maupun sudah tua. Hal ini disebabkan buah yang terserang lalat buah akan jatuh atau rontok sebelum matang atau sebelum dipanen.tidak main main jika petani tidak segera mengatasi bangkrut akan terus membayangi.

CARA MENGATASI LALAT BUAH MELON

Salah satu cara yang mudah praktis serta murah adalah dengan memasang lem khusus lalat buah dengan seperti itu lalat buah akan terkendali dan terjebak oada lem sehingga tidak bisa menyuntik dan meninggalkan telur didalam buah melon.nama lem khusus buah adalah metilat.lem ini tidak berbahaya karena terbuat dari bahan organik.



CARA KERJA

METILAT mengandung aroma yang akan berfungsi sebagai sex foromon, yaitu zat yang disekresikan (dikeluarkan) oleh sejenis serangga dengan maksud untuk menarik lawan jenisnya. Zat ini akan merangsang lalat buah jantan untuk melakukan aksinya, yaitu kawin sehingga lalat tersebut akan terperangkap dalam botol perangkap yang sudah ditempeli METILAT. Dengan terperangkapnya lalat jantan, maka tidak terjadi perkawinan sehingga lalat buah tidak bisa berkembang biak. Populasi lalat buah pun bisa ditekan dan bisa mengurangi serangan ke buah.


CARA APLIKASI PEMAKAIAN METILAT NASA

Sediakan botol bekas dan kayu dengan panjang 1,5 sampai 2,5 meter
Kemudian lumuri botol tersebut dengan metilat lem menggunakan kuas
Pasang botol tersebut pada kayu yang telah disediakan tadi
Kemudian tancapkan disekitar kebun atau tanaman Anda
Beberapa menit kemudian lalat buah pasti akan terperangkap
Produk METILAT Lem ini tersedia dalam kemasan botol isi 100 cc yang dapat digunakan untuk lahan seluas 1 hektar.




HARGA METILAT 75.000

Untuk order dan konsultasi 083840534555


Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Cara Mengatasi Lalat Buah Melon Paling Mudah

0 komentar:

Posting Komentar