Kamis, 30 Agustus 2018

Obat Dan Cara Mengatasi Penyakit Bulai Jagung

Penyakit bulai (bahasa Inggris: maize downy mildew) adalah gejala dari serangan Oomycetes dari suku Sclerosporaceae, khususnya marga Peronosclerospora (sinonim Sclerospora), yang ditemukan pada berbagai anggota rumput-rumputan (Poaceae). Jenis-jenis yang diketahui menyerang di Indonesia adalah P. maydis (Indonesia barat), P. philippinensis (terutama Sulawesi), dan P. sorghi (sebagian Sumatera). Tanaman jagung, sorgum, tebu, padi, gandum, dan jelai semua mengalami serangan dari kelompok protista ini. Inang lainnya adalah berbagai rumput hijauan pakan ternak.

Penyakit bulai (downy mildew) nerupakan salah satu faktor pem­batas terpenting dalam peningkatan produksi jagung di Indonesia.Penyakit ini sangat berbahaya karena kerugian yang disebabkannya dapat mencapai 100 persen (Sudjadi 1976). Produksi jagung di Lam­pung merosot dari 114.975 ton pada tahun 1973 menjadi 18.977 ton pada tahun 1975 karena seranfan penyakit bulai. Di Jawa Tengah ke­rusakan yang disebabkannya pada tahun 1974 dan 1975 adalah 2.418 ha sedangkan di Jawa Timur kerusakan rata-rata lebih dari 2.000 ha pertahun (Subdirektorat Pemberantasan Pama dan Penyakit,.1990).



Penyakit bulai ditandai dengan warna daun tanaman muda yang mendadak menjadi bergaris-garis kuning pucat (klorosis)[1] atau bahkan putih yang kemudian menyebar ke seluruh daun. Pada serangan yang berat, seluruh tubuh tanaman berwarna kuning pucat dan kemudian mati. Penyakit ini apabila menyerang pada stadium pertumbuhan awal dapat menyebabkan 100% kegagalan panen.

Penyakit bulai bisa dikatakan musuh paling sering petani jagung.penyakit ini terkadang menyerang jagung umur 2-6 minggu.jika sudah berhasil menyerang maka tanaman jagung akan kerdil dan tidak akan tumbuh tongkol akibatnya petani akan menurun produksinya bahkan bisa gagal panen.jika jagung anda terkena bulai maka segera obati agar penyakit ini terkendali.sekarang sudah bisa diatasi dengan teknologi modern dan sudah ada yang 100% tidak terkena bulai jagung.

CARA MENGATASI BULAI JAGUNG

  • Menggunakan jenis varietas jagung tahan bulai sudah banyak petani yang memakai varietas jagung tahan bulai
  • Cabut dan bakar tanaman jagung yang terkena penyakit bulai agar penyakit bisa terkendali
  • Penanaman sebaiknya sebelum dan menjelang musim hujan
  • Di obati atau di cegah dengan Glio obat ini organik sehingga aman dan bukan kimia

GLIO merupakan obat untuk mengobati bulai jagung agar penyakit bisa terkendali.GLIO bersifat Hiperparasit terhadap pathogen penyakit tanaman, sehingga terjadi persaingan tempat hidup dan nutrisi. Natural GLIO mengeluarkan zat antibiotik yaitu Gliovirin dan Viridin yang akan mematikan pathogen penyebab penyakit tanaman dan Natural GLIO ini akan berkembang terus mengkolonisasi melindungi tanaman dari gangguan pathogen.

Jika anda baru ingin menaman jagung anda bisa mencampur glio dengan pupuk kandang setelah pembajakan.caranya adalah campur glio 1 bungkus dengan 30-50 pupuk kandang lalu diamkan 1 minggu dan sebarkan merata di tanaman jagung anda.namun jika sudah terinfeksi bisa langsung disebar ditanah tanaman jagung dengan 1-2gram dipokok tanaman.namun lebih bagus dicampur pupuk kandang seperti diawal.

Pemupukan dengan glio disarankan sore hari agar efek lebih bagus dan penyakit bulai terkendali.dengan glio ini sudah banyak yang membuktikan cukup efektif untuk mengatasi penyakit bulai.harga obat glio 40.000 terjangkau dan anda bisa pesan atau konsultasi di 083840534555




Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Obat Dan Cara Mengatasi Penyakit Bulai Jagung

0 komentar:

Posting Komentar